Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya)

INIRUMAHPINTAR -  Pembahasan kali tentang Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya). Materi ini merupakan bertujuan untuk menjawab pertanyaan, apa pengertian sumber daya alam?, sebutkan penggolongan sumber daya alam?, dan sebutkan pedoman pemanfaatan sumber daya alam? Nah, mari kita perhatikan penjelasan selengkapnya berikut ini:

A. Pengertian/Definisi Sumber Daya Alam

Sumber daya merupakan berbagi faktor produksi yang dikerjakan dalam proses produksi atau aktivitas ekonomi, seperti modal, energi, air, dan manusia. Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang dimiliki oleh suatu tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

B. Penggolongan Sumber Daya Alam

sumber ilustrasi : Pixabay
Sumber daya alam dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis terpakai karena bagian-bagian yang telah digunakan tersebut dapat diganti dengan yang baru atau mempunyai kemampuan memperbanyak diri secara alamiah. Yang termasuk sumber daya alam itu, antara lain semua makhluk (hewan dan tumbuh-tumbuhan), tanah, sinar matahari, dan air.

  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang akan habis terpakai sebab tidak dapat terbentuk yang baru dan tidak dapat diperbarui dalam waktu singkat. Yang termasuk sumber daya alam itu adalah mineral dan barang tambang.

C. Pedoman Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Setiap pemanfaatan sumber daya alam perlu memperhatikan pedoman-pedoman sebagai berikut:
  1. Memberikan kemungkinan untuk mengadakan pilihan penggunaanya dalam pembangunan pada masa depan;
  2. Mempertimbangkan pengambilan sumber daya alam agar sumber daya alam itu terpulihkan secara berlanjut;
  3. Mengolah sumber daya alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan hidup;
  4. Menjaga air sebagai kebutuhan hidup sehari-hari untuk pengairan dan pembangkit tenaga listrik supaya tetap volumenya dan jangan sampai rusak karena polusi (pencemaran);
  5. Mengusahakan bahan tambang untuk kehidupan harus bijaksana dan memperhatikan akibat sampingannya;
  6. Mengembangbangkan teknologi yang bersahabat atau tidak merusak lingkungan;
  7. Menggunakan tanah untuk pertanian dan pemukiman haruslah memperhatikan kelestariannya supaya tidak merugikan kehidupan manusia disekitarnya dan generasi yang datang kemudian;
  8. Memelihara kelangsungan dan fungsi hutan.
 
 Referensi:
  • Kuswanto, dkk. 1997. IPS Geografi untuk Kelas 2 SLTP. Jakarta: Tiga Serangkai.

Demikian pembahasan lengkap tentang Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya). Yang berminat dengan tulisan ini dalam bentuk file Ms. Word, silahkan cantumkan email di kolom komentar dan ingatlah untuk tetap mematuhi terms of service INIRUMAHPINTAR ya!. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya)"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!