Gambaran Surga dalam Al-Quran

INIRUMAHPINTAR - Beginilah Gambaran Surga dalam Al-Quran - Tidak ada manusia di bumi ini yang tidak menginginkan surga, karena surga adalah tempatnya kenikmatan kekal, sebagai balasan untuk mereka yang bertakwa dan mematuhi aturan Allah dan menjauhi laranganNya.

Sungguh sebuah nikmat yang sangat super duper luar biasa, jikalau kita mampu meraih predikat manusia beruntung, menjadi salah satu penghuni surga di hari kemudian.

Surga digambarkan sebagai sebuah tempat yang sungguh amat indah dan keterbatasan manusia tidak sanggup menggambarkannya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis mengumpulkan referensi tentang pengertian surga dan gambarannya dari Al-Quran. Semoga kita semua tergugah dan tersentuh dan sesegera mungkin menjadi pribadi yang lebih baik, meninggalkan dosa-dosa duniawi, dan memperbanyak amal soleh. Yuk masuk surga!

Di dalam Al-Quran, surga digambarkan sebagai berikut:
sumber ilustrasi : https://pixabay.com/en/abstract-gates-doors-stars-1089802/


Al-Baqarah 25

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya [1] (25)


Al-Furqan 10

Maha Suci [Allah] yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, [yaitu] surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya [pula] untukmu istana-istana [2]. (10)


Al-Hajj 14

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (14)


Alhajj 23

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (23)


Al-Aaraf 46

Dan di antara keduanya [penghuni surga dan neraka] ada batas; dan di atas A`raaf [1] itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga:" Salaamun `alaikum" [2]. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera [memasukinya]. (46)


At-Taubah 100

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama [masuk Islam] di antara orang-orang muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (100)


Ath Thalaaq 11

[dan mengutus] seorang Rasul yang membacakan kepadamu ayat-ayat Allah yang menerangkan [bermacam-macam hukum] supaya Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezki yang baik kepadanya. (11)


Al-Kahfi 31

Mereka itulah [orang-orang yang] bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat-istirahat yang indah; (31)


Ath Thuur 17

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan keni’matan, (17)


Ath Thuur 23

Di dalam surga mereka saling memperebutkan piala [gelas] yang isinya tidak [menimbulkan] kata-kata yang tidak berfaedah dan tiada pula perbuatan dosa. (23)


Al Fath 5

supaya Dia memasukkan orang-orang mu’min laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan supaya Dia menutupi kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar di sisi Allah, (5)


Al Fath 17

Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang-orang yang pincang dan atas orang yang sakit [apabila tidak ikut berperang]. Dan barangsiapa yang ta’at kepada Allah dan Rasul-Nya; niscaya Allah akan memasukannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barangsiapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih. (17)


Al Ahqaaf 14

Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan. (14)


Al Jaatsiyah 30

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh maka Tuhan mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya [surga]. itulah keberuntungan yang nyata. (30)

Az Zukhruf 73

Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan. (73)


QS Ar Rahman:54

Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat [dipetik] dari dekat. (54)

QS Ar Rahman:70

Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (70)


Ar Rahman 56 - 58

Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka [penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka] dan tidak pula oleh jin. (56) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (57) Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. (58)


Al-Waqi’ah 22-23

Dan [di dalam surga itu] ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, (22) laksana mutiara yang tersimpan baik. (23)


Surga tidak bisa digambarkan dengan indera manusia, tetapi surga itu pasti ada. Sungguh Allah SWT telah menjanjikan surga bagi mereka yang mematuhiNya dan menjauhi laranganNya. Semoga kita termasuk di dalamnya! aamiin ya Rabbal Alaamiin. [ahn]

0 Response to "Gambaran Surga dalam Al-Quran"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!