Seperti Apa Bidadari Surga Itu?

INIRUMAHPINTAR - Masuk surga adalah hadiah terindah untuk orang-orang beriman di hari kemudian. Salah satu kenikmatan yang pasti diperoleh oleh ahli surga adalah mendapatkan pasangan yang cantik luar biasa, bening sebening-beningnya, dan lembut selembut-lembutnya yang dikenal sebagai bidadari surga. Namun, Seperti Apa Bidadari Surga Itu? Pembahasan berikut ini mudah-mudahan memberikan gambaran!

Apakah Rupa Bidadari Surga Seperti Artis atau Model? 

Walau telah digambarkan dalam film-film, rupa bidadari yang sesungguhnya belum mampu tertandingi dan terjangkau oleh imajinasi manusia. Cantik, hanya kata itulah yang selalu disandarkan pada wajah bidadari. Namun, itu tidak cukup, walau seluruh kata dikumpulkan, dipastikan belum mampu mendeskripsikan rupa bidadadi surga. Bahkan artis dan model tercantik di seluruh penjuru dunia sekalipun tak mampu menandingi pesona bidadari surga. Malahan, dengan tambahan operasi plastik (baca: haram) dan polesan kosmetik mahal, rupa bidadari tak sanggup juga tersaingi. Apalagi dengan bekal ilmu editing dan rekayasa fotografi seperti aplikasi C60, masih dirasa tak mampu mengubah wajah manusia menjadi bidadari surga.

sumber ilustrasi: nayusreadingcorner.blogspot.com

Terus, Bagaimana Rupa Bidadari Surga Itu?

Untuk memberikan jawaban yang lebih akurat, Rumah Pintar akan mengajak pembaca untuk ikut memahami perkataan Allah dalam Alquran dan Hadist Rasulullah Muhammad SAW, sebagai berikut:

Alquran Surah Aş-Şāffāt:48 - Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya

Alquran Surah Şād:52 - Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.

Alquran Surah Aţ-Ţūr:20 - mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.

Alquran (Ar-Raĥmān):56 - Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.

Alquran (Ar-Raĥmān):58 - Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.

Alquran (Ar-Raĥmān):70 - Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

Alquran (Ar-Raĥmān):72 - (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.

Alquran (Al-Wāqi`ah):36 - dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.

Sedangkan dalam hadist terungkap gambaran bidadari surga seperti di bawah ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rombongan yang pertama masuk surga adalah dengan wajah bercahaya bak rembulan di malam purnama. Rombongan berikutnya adalah dengan wajah bercahaya seperti bintang-bintang yang berkemilau di langit. Masing-masing orang di antara mereka mempunyai dua istri, dimana sumsum tulang betisnya kelihatan dari balik dagingnya. Di dalam surga nanti tidak ada bujangan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitulah gambaran bidadari surga yang termaktub dalam Alquran dan hadist. Selebihnya, manusia  boleh saja berandai-andai, tetapi jika ingin mengetahuinya, maka pantaskan diri menjadi ahli-ahli/penghuni surga.

Nah, Bagaimana Penciptaan Bidadari Surga? 

Tentu ada yang penasaran tentang bagaimana penciptaan bidadari surga. Apakah memiliki Ayah dan Ibu seperti manusia biasa? ataukah diciptakan langsung seperti Nabi Adam? ataukah diciptakan tak ber-Bapak seperti Nabi Isa AS? Entahlah, Ayat Alquran berikut ini dapat memberikan pencerahan:

Alquran (Al-Wāqi`ah):35 - Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung.

Alquran (Al-Wāqi`ah):36 - dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.

Alquran (Al-Wāqi`ah):37 - penuh cinta lagi sebaya umurnya.

Dari ayat ini, dapat diketahui bahwa bidadari surga diciptakan tanpa perantara alias langsung oleh Allah SWT.

Siapakah yang Berhak Atas Bidadari Surga? 

Alquran (Al-Wāqi`ah):38 - (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan,

Alquran (Al-Wāqi`ah):40 - dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.

Sungguh beruntung mereka yang tergolong sebagai golongan kanan, golongan yang dekat dengan Allah. Golongan yang akan dihadiahi surga kenikmatan dan segala kemewahannya, termasuk dinikahkan dengan bidadari surga. Jangan lupa untuk merenungi lirik lagu dari Almarhum Uje yang berjudul "Bidadari Surgaku" di bawah ini!

Semoga pembahasan ini memberikan pencerahan Seperti Apa Bidadari Surga Itu sebenarnya. Sungguh beruntung laki-laki yang berhasil masuk Surga di hari kemudian dan sungguh beruntung wanita yang derajatnya lebih tinggi dari bidadari surga karena kesalehannya. Mari ber-fastabiqulkhaerat; berlomba-lomba dalam kebaikan agar kita termasuk penghuni-penghuni surga kelak. Aamiin.

0 Response to "Seperti Apa Bidadari Surga Itu?"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!