Pengertian Harga, Fungsi dan Jenis Harga

INIRUMAHPINTAR - Apa pengertian harga? apa definisi harga? Sebutkan jenis-jenis harga? Itulah sejumlah pertanyaan yang akan dipaparkan dalam pembahasan berjudul Pengertian Harga, Fungsi dan Jenis Harga berikut ini:

Pengertian Harga

Pengertian harga menurut ahli 1:
Menurut Samsul Ramli (2013: 51) pengertian harga disebutkan sebagai nilai relatif dari produk dan bukan indikator pasti dalam menunjukkan besarnya sumber daya yang diperlukan dalam menghasilkan produk.

Pengertian harga menurut ahli 2:
Menurut Imamul Arifin (2007: 74) pengertian harga dinyatakan sebagai kompensasi yang harus dilakukan untuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa.
sumber ilustrasi : www.flickr.com
Pengertian harga menurut ahli 3:
Menurut Joko Untoro (2010:8), harga adalah kemampuan suatu barang/jasa yang dinyatakan dengan uang.

Pengertian harga menurut ahli 4:
Menurut Dini Indrastuty (2011:29), harga adalah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang.  

Pengertian harga menurut ahli 5:
Philip Kotler menyatakan pengertian harga adalah : “price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Jika diterjemahkan, harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa/layanan. Dengan kata lain, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. 

Pengertian harga menurut ahli 6:
Stanton menyatakan pengertian harga: “Price is the amount of money and or goods needed to acquire some combination of another goods and its companying services”. Pengertian di atas jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia maka mengandung arti bahwa harga adalah sejumlah uang dan atau barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi dari barang yang lain yang disertai dengan pemberian jasa. 

Pengertian harga menurut ahli 7:
Menurut Harini (2008: 55) “Harga adalah uang (ditambah produk jika memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.”


Kesimpulan pengertian harga berdasarkan pendapat para ahli:
Berdasarkan pengertian harga yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa harga adalah sejumlah kompensasi relatif yang dinyatakan baik dalam bentuk uang maupun barang untuk mendapatkan manfaat, keuntungan, atau kepemilikan suatu barang atau jasa yang ditetapkan oleh pihak penjual di suatu tempat dan waktu tertentu dengan penuh akal sehat dan pertimbangan positif demi keberlangsungan proses ekonomi secara terus-menerus.

Fungsi Harga
Menurut Dini Indrastuty (2011:29) fungsi harga  yaitu sebagai alat pengukur dan pembeda barang. Sedangkan dalam kaitannya dengan kegiatan produksi, fungsi harga menurut Eryadi (2007: 24) adalah untuk menentukan jumlah barang yang akan diproduksi dan pembagian hasil produksi pada konsumen.

Jenis-jenis Harga

Dalam proses ekonomi, dikenal berbagai jenis harga berdasarkan sudut pandangnya. Jenis harga yang paling umum yaitu harga  pasar.  Menurut Joko Untoro (2010: 8), harga pasar adalah keadaan dimana jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diterima dan terjadi kesepakatan antara produsen dan konsumen pada saat terjadinya transaksi. Harga pasar sering disebut juga harga keseimbangan sebab harga tersebut terjadi setelah ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran barang. Selain itu, Dini Indrastuty (2011:29) menambahkan bahwa harga keseimbangan adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli yang tercipta melalui proses tawar-menawar.

Sedangkan secara khusus, jenis-jenis harga dapat dinyatakan sebagai berikut:
[1] Harga subjektif adalah taksiran atau perkiraan terhadap suatu harga yang akan diperjualbelikan.
[2] Harga objektif (harga pasar) adalah harga yang disetujui oleh pembeli dan penjual berdasarkan hasil tawar menawar barang dan jasa.
[3] Harga pokok (biaya produksi) adalah nilai sejumlah uang  yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang dan jasa dalam suatu proses produksi.
[4] Harga jual adalah harga pokok ditambah dengan laba yang diharapkan.

Referensi:
Referensi 1
Judul buku: Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa pemerintah
Pengarang: Samsul Ramli, Tahun Terbit: 2013, Kota Penerbitan: Jakarta,
Penerbit:Visimedia , Halaman Kutipan: 51-52

Referensi 2
Judul buku: Membuka Cakrawala Ekonomi untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengarang: Imamul Arifin dan Giana Hadi Wagiana, Tahun Terbit: 2007, Kota Penerbitan: Bandung,
Penerbit: PT Setia Purna Inves , Halaman Kutipan: 74

Referensi 3
Judul buku: Buku Pintar Pelajaran SMA/MA IPS 6 in 1
Pengarang: Drs. Joko Untoro & Tim Guru, Tahun Terbit: 2010, Kota Penerbitan: Jakarta,
Penerbit: Wahyu Media , Halaman Kutipan: 8

Referensi 4
Judul buku: RPUL Untuk SMP
Pengarang: Dini Indrastuty, Tahun Terbit: 2011, Kota Penerbitan: Jakarta,
Penerbit: Media Pusindo, Halaman Kutipan: 29

Demikian pembahasan lengkap tentang Pengertian Harga, Fungsi dan Jenis Harga. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian Harga, Fungsi dan Jenis Harga"

Post a Comment